Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News:

latest

Donor Darah KSR-PMI: Selamatkan Jiwa, Sehatkan Raga

STAIN PAREPARE - Korps Suka Rela (KSR) PMI Unit 01 STAIN Parepare melaksanakan donor darah di Aula STAIN Parepare, Rabu 24 Februari 2016 de...

STAIN PAREPARE - Korps Suka Rela (KSR) PMI Unit 01 STAIN Parepare melaksanakan donor darah di Aula STAIN Parepare, Rabu 24 Februari 2016 dengan slogan "Selamatkan Jiwa, Sehatkan Raga". Kegiatan tersebut merupakan program kerja rutin yang dilaksanakan setiap tiga bulan sekali dengan bekerja sama pihak Unit Donor Darah (UDD) Kota Parepare.

Kantong darah yang didapatkan sejumlah 56 kantong yang berasal dari mahasiswa, dosen dan staf STAIN Parepare yang sesuai persyaratan, sehat jasmani, berat badan minimal 45kg, usia 17-60 tahun,tekanan darah baik yaitu sistole = 110 – 160 mmHg, diastole = 70 – 100 mmHg, denyut nadi teratur yaitu sekitar 50 – 100 kali/menit. Sebelum melakukan donor darah, pendonor terlebih dahulu melakukan pemeriksaan terhadap syarat-syarat donor darah agar tidak mengakibatkan hal-hal yang berbahaya bagi kesehatan. Setelah pendonor melakukan donor darah, maka ia diberikan asupan gizi berupa roti, susu dan obat penambah darah yang disediakan oleh Unit Donor Darah (UDD).

Jarak waktu donor darah yang baik yaitu 3 bulan, maka dari itu KSR melaksanakan kegiatan tersebut 3 bulan sekali mengingat bahaya yang ditimbulkan jika kurang dari 3 bulan.

Kegiatan donor darah ini merupakan program kegiatan tahunan KSR-PMI Unit 01 STAIN Parepare yang dilaksanakan sejak tahun 2004 awal terbentuknya lembaga kemahasiswaan tersebut. Kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu sesama manusia tanpa membeda-bedakan antara satu dengan yang lainnya.

Slogan donor darah "Selamatkan Jiwa, Sehatkan Raga" merupakan slogan yang digunakan setiap KSR melaksanakan donor darah. Slogan tersebut memiliki makna, Ketua KSR-PMI Unit 01 STAIN Parepare, Irfan Parumpu menjelaskan bahwa "Selamatkan jiwa yang bermakna apabila kita melakukan donor darah bisa menyelamatkan jiwa seorang yang membutuhkan, sehatkan raga yang artinya seseorang yang melakukan donor darah bisa membuat raganya sehat".

Anggota KSR masih melakukan kegiatan donor darah hingga sekarang mengingat bahwa KSR merupakan organisasi kemanusiaan yang rela membantu sesama.

"Alasan kenapa sampai sekarang masih tetap laksanakan donor darah karena KSR adalah organisasi yang bergelut dibidang sosial kemanusiaan sehingga kami dari KSR tidak pernah merasa bosan untuk membantu sesama yang masih membutuhkan bantuan", tutur Ketua KSR-PMI STAIN Parepare, Irfan Parumpu. Lanjutnya, "anggota KSR sadar bahwa sampai saat ini masih banyak sekali orang yang membutuhkan darah sehingga kami tetap antusias melaksanakan program donor darah demi membantu sesama".

Read more :Peresmian Gedung PKM

Tidak ada komentar

Lokasi