Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News:

latest

FAKTAR adakan kegiatan Pekan Tilawatil Qur'an

Dalam menyambut mahasiswa baru (MABA) Tahun Akademik 2019/2020 Fakultas Tarbiyah adakan kegiatan Pekan Tilawatil Qur'an (PTQ) di gedu...


Dalam menyambut mahasiswa baru (MABA) Tahun Akademik 2019/2020 Fakultas Tarbiyah adakan kegiatan Pekan Tilawatil Qur'an (PTQ) di gedung balai seni dan budaya IAIN Parepare (04/09).

Ahdar selaku ketua panitia dalam kegiatan ini menjelaskan bahwa PTQ dimulai pada hari sabtu, dimana dihari pertama panitia bersama Tester melakukan tes BTQ untuk mengetahui kemampuan Baca Tulis Qur'an mahasiswa baru, dalam tes ini mahasiswa diklasifikasikan kedalam dua kelompok yaitu bisa membaca Qur'an dan tidak bisa membaca Qur'an. Dari 551 MABA yang mengikuti kegiatan ini terdapat 60 mahasiswa yang tidak bisa membaca Qur'an yang kemudian Tester membawah ke Ma'had Jami'ah yang dipusatkan di Masjid Al-Wasilah untuk dibimbing, dibinah dan diajarkan cara cepat membaca Qur'an, sementara yang bisa membaca Qur'an ditempatkan di gedung balai seni dan budaya IAIN Parepare.

Pada hari selasa (03/09) dimulai Pekan Tilawatil Qur'an dengan mengadakan Tadarus dan Khatamul Qur'an pada setiap khafilah-khafilah yang di dampingi oleh Tester (Dr. Sulaeman Taha, Dr. Anwar Senong, Drs. Abdullah Tahir, Dr. Muh Dahlan, dll),

setelah diadakan khatamul Qur'an  selama 3 jam barulah kemudian seluruh Tester mencari mana mahasiswa yang bisa Tilawatil Qur'an dan yang mana yang bisa Tahfidzul Qur'an, pada hari itu terdapat 7 mahasiswa yang Tahfidzul Qur'an lalu kemudian diadakan pembinan-pembinaan, sementara terdapat 26 mahasiswa yang bisa Tilawatil Qur'an.

Pada hari rabu (04/09) dilakukanlah perlombaan untuk mencari juara 1, 2, dan 3 baik dari kategori
Tilawatil Qur'an maupun Tahfidzul Qur'an untuk diusung mewakili Faktar pada lomba PTQ tingkat Institut pada hari kamis (05/09).

Saepudin selaku Dekan Faktar berharap supaya kegiatan ini mampu memberikan secercah harapan bagi penanaman kembali nilai-nilai Al-Qur'an di kalangan mahasiswa. 
"Generasi sekarang ini tidak hanya membutuhkan seremonial, tetapi lebih dari pada itu Ayat-Ayat suci yang dibacakan dengan irama merdu, hukum bacaannya fasih, dilombakan, dapat memberikan  perubahan pada diri mahasiswa ke arah yang lebih baik" Ucap Saepudin.

sementara itu Herdah selaku Wakil Dekan I mengingatkan kepada seluruh mahasiswa wajib untuk menghadiri acara PTQ tingkat institut  dengan memakai hitam putih dan mahasiswi memakai jilbab hijau yang menyimbolkan motto Tarbiyah yang beradab.
"Semoga hasil dari kegiatan ini ada dari salah satu mahasiswa Tarbiyah yang bisa mewakili IAIN Parepare dalam perlombaan MTQ tingkat PTKIN" Harap Herdah (Aras)

Tidak ada komentar

Lokasi