Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News:

latest

Maksimalkan Tahun Ini, Faktar Dahulukan PPL Daripada KKN

Dekan Fakultas Tarbiyah, Saepudin saat memberikan sambutan pda Kegiatan Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Aula Serbaguna I...


Dekan Fakultas Tarbiyah, Saepudin saat memberikan sambutan pda Kegiatan Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Aula Serbaguna IAIN Parepare, Jumat, 7 Februari 2020.
Aula Serbaguna, Fakultas Tarbiyah--Sebagai bentuk aplikasi pembelajaran yang telah didapatkan oleh Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare, maka diadakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang akan dilaksanakan pada 10 Februari sampai 20 Maret 2020. Sebelum pelaksanaan PPL, diadakan pembekalan sekaligus pembukaan secara resmi PPL Mahasiswa Fakultas Tarbiyah oleh Wakil Rektor I Bidang APL, Dr. Sitti Jamilah Amin pada hari Jumat, 7 Februari 2020, bertempat di Gedung Aula Serbaguna. Pembekalan yang dilaksanakan sehari ini dibuka oleh Wakil Rektor I, Siti Jamilah Amin, serta dihadiri Dekan Fakultas Tarbiyah, Dosen dan Peserta PPL sebanyak 290 Mahasiswa Tarbiyah yang akan tersebar di 38 SMP/MTs dan SMA/MA di Parepare.

Dekan Fakultas Tarbiyah, Saepudin membeberkan alasan pelaksaan PPL tahun ini berbeda dengan tahun kemarin, menurutnya penentuan jadwal pelaksanaan PPL sangat erat kaitannya dengan kelender akademik sekolah agar berjalan dengan maksimal.
"Pengalaman tahun sebelumnya pelaksaan PPL di sekolah bersamaan dengan jadwal ujian semester sehingga dirasa kurang maksimal. Serta ini juga merupakan pertimbangan dari rektor sehingga fakultas lain juga ikut mendahulukan PPL daripada KKN" bebernya.

Wakil Rektor I IAIN Parepare Bidang APL, Sitti Jamilah Amin mengapresiasi kepada Fakultas Tarbiyah, tahun ini tarbiyah membuktikan pelaksaan PPL yang tercepat.  Beliau juga menyampaikan pesan Rektor yang berhalangan hadir, rektor melalui wakilnya menghimbau kepada peserta PPL untuk mengikuti acara PPL ini dengan seksama sebab pembekalan ini sebahagian dari penilaian panitia pelaksana terkait dengan nilai PPL.  "Peserta PPL harus tetap disiplin seperti ketika memasuki pembelajaran tetap harus patuh terhadap aturan-aturan yang ditetapkan Fakultas Tarbiyah selaku pelaksana," ujarnya.

Banyak pelajaran yang bisa didapatkan dalam PPL ini. Peserta PPL akan menelaah dan menarik pelajar secara empiris, ketika memberikan pelajaran. Maka dituntut bagi peserta PPL Fakultas Tarbiyah untuk bisa menjadi Guru.
" Mungkin ada dari siswa yang tidak memperhatikan, dituntut kesabaran yang luar biasa, disinilah pengaplikasian pelajaran yang pernah dipelajari di psikologi, ilmu pembelajaran, dan ketika microteaching. Peserta akan diuji apakah memang bisa menjadi guru yang baik atau guru yang sekadar melaksanakan kewajiban", Tambahnya

Warek Bidang APL juga mengingatkan tanggal 21 maret penarikan PPL kemudian 26 maret akan ada kegiatan akademik selanjutnya yakni KKN, maka dihimbau kepada peserta PPL membuat laporan secepat mungkin. Laporan PPL selain bentuknya dalam laporan fakultas juga dalam bentuk bookchart.

"Untuk mendukung administrasi maka dosen pendamping PPL berkolaborasi dengan Peserta PPL untuk menyusun bookchart. Sebab laporan hasil PPL yang biasa tidak nilai di akreditasi tapi bookchartlah yang akan dinilai. ini akan menaikkan akreditasi, sehingga mahasiswa di tiap prodi yang PPL sedini mungkin bisa mempersiapkan bokchartnya", Tutupnya.

1 komentar