Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News:

latest

Kaprodi PAI adakan monitoring Pelaksanaan PPL

Rustan Efendy selaku Kaprodi Pendidikan Agama Islam dan juga selaku Dosen Pembimbing pada kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Semeste...


Rustan Efendy selaku Kaprodi Pendidikan Agama Islam dan juga selaku Dosen Pembimbing pada kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Semester Gasal Tahun 2020 melakukan monitoring terhadap mahsiswa bimbingannya untuk melihat progress pelaksanaan PPL secara virtual, Rabu (14/10/2020). Dalam kegiatan monitoring PPL tersebut turut hadir Andi Aras selaku Sekretaris Panitia PPL.

Dalam kegiatan monitoring tersebut Rustan Efendy membicarakan 3 hal utama: 1) Memantau progress pelaksanaan PPL, 2) Membicarakan Kendala-kendala yang dialami mahasiswa di lokasi praktikan, dan 3) Memberikan solusi dari permasalahan yang muncul.

Masalah utama yang dihadapi mahasiswa dalam kegiatan PPL adalah waktu pelaksanaan PPL yang relatif singkat (10 hari) sementara mahasiswa diminta melakukan proses pembelajaran sebanyak 4 kali pertemuan, hal ini pun di tanggapi Rustan Efendy untuk memaksimalkan kegiatan bimbingan di luar jadwal pelajaran “mahasiswa yang belum bisa mencukupkan pertemuan sebanyak 4 kali selama pelaksanaan PPL berdasarkan jadwal, maka harus memaksimalkan pembimbingan di luar kelas, memimbing siswa unttuk belajar di rumah,” ungkapnya.

Lebih lanjut Rustan Efendy menjelaskan terkait out put pelaksanaan PPL berupa artikel penelitin dan video pembelajaran “mahasiswa harus memanfaatkan waktunya dengan baik karena setelah penarikan tanggal 20 Oktober 2020, maka mahasiswa dituntut untuk menyerahkan draf artikel, draf video pembelajaran, bukti submission artikel pada jurnal, dan video pembelajaran di akun YouTube” jelasnya.

Andi Aras selaku sekretaris paniti PPL  memberikan penjelasan tentang mekanisme dan out put pelaksanaan PPL “untuk tahun ini pelaksanaan PPL berbeda dari tahun sebelumnya, jika pada tahun lalu orientasi pelaksanaan PPL hanya berfokus pada pengembangan kompetensi keguruan mahasiswa, sementara untuk Tahun ini selain pengembangan kompetensi keguruan juga diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian, sehingga out putnya berupa artikel penelitian” jelasnya

“selain artikel penelitian out put lain dari pelaksanaan PPL tahun ini adalah video pembelajaran, di dalam video yang dibuat mahasiswa minimal harus memuat dua hal: sintaks pembelajaran yang digunakan mahasiswa dan content materi (pengkayaan)” lanjutnya.

Di akhir penjelasannya Andi Aras meminta kepada mahasiswa untuk mengikuti kegiatan PPL ini dengan sebaik-baiknya “tentu saya berharap agar mahasiswa mengikuti kegiatan ini secara maksimal, agar manfaat dari pelaksanaan PPL ini bisa tercapai sesuai yang diharapkan, bukan sekedar berPPL bukan juga sekedar submit artikel pada jurnal” Tutupnya

Tidak ada komentar