Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News:

latest

Kajian Prodi TIPS: Pancasila dalam Membentuk Pendidikan Karakter Bangsa

Memanfaatkan momentum hari lahirnya Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, Program Studi Tadris IPS, Fakultas Tarbiyah, IAIN Pa...


Memanfaatkan momentum hari lahirnya Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, Program Studi Tadris IPS, Fakultas Tarbiyah, IAIN Parepare melaksanakan kajian rutin dengan Tema Pancasila dalam Membentuk Pendidikan Karakter Bangsa melalui Proses Pendidikan Keislaman di Era Revolusi Industri 4.0, yang dilaksanakan pada hari Selasa, 01 Juni 2021, dengan menghadirkan Narasumber yang hebat, yakni Dr. H. Syafa’at Anugrah Pradana S.H.,M.H. 

Dalam Opening Speech oleh Ketua Prodi Tadris IPS, Dr. Ahdar, M. Pd. I berharap agar para mahasiswa bisa menerapkan nilai-nilai karakter pancasila di era sekarang dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. 

Kajian tersebut diikuti oleh para pengurus HMPS Tadris IPS, mahasiswa Tadris IPS, dan beberapa mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya. Karena masih berada pada Era New Normal, kajian tersebut dilaksanakan secara online  dengan menggunakan via Zoom Meeting. Meskipun kajian dilaksanakan secara online, para peserta kajian sangat antusias menerima materi. Pemateri menyampaikan materi bahwa betapa pentingnya karakter pancasila diimplementasikan kepada generasi sekarang, karena melihat beberapa peristiwa yang ada, para generasi kurang mengimplementasikan karakter islam dan pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang ditandai dengan banyaknya mahasiswa sekarang yang kurang sopan dan kurang menghargai orang tua, guru, dan dosen. Maka dengan adanya pendidikan karakter pancasila melalui proses pendidikan keislaman menjadikan generasi bangsa yang mempunyai karakter dan akhlak yang baik.

Kajian pancasila sangat diperlukan bagi generasi sekarang, agar generasi lebih menghargai para pahlawan yang telah gugur di medan perang demi memperebutkan kemerdekaan Indonesia dan telah merumuskan pancasila yang dijadikan sebagai dasar dan falsafah bangsa Indonesia.

Pemateri berharap para generasi bisa menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan sangat mensupport kajian yang diadakan oleh program studi Tadris IPS, IAIN Parepare. Di samping itu juga, KaProdi IPS berharap agar para pengurus bisa memanfaatkan hari-hari besar nasional untuk dijadikan wadah pengembangan ilmu dan kajian serta menjadi agenda rutin prodi Tadris IPS.

Tidak ada komentar